Diet Ini Mampu Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Layaknya banyak orang, memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti model merupakan sebuah idaman. Tidak hanya demi mengejar gaya hidup yang sehat, tetapi juga untuk kepuasan tersendiri ketika melihat ke cermin. Salah satu metode diet yang sedang digandrungi demi mewujudkan turunnya berat badan dalam waktu singkat adalah diet Thonon.

Diet yang dicetuskan oleh seorang dokter dari Thonon-les-Bains University Hospital dikatakan dapat mengurangi berat badan hingga 2,5kg dalam seminggu. Program diet yang awalnya dibuat untuk salah satu pasiennya kini turut serta diikuti oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan secara instan. Penurunan berat badan dalam waktu pendek tersebut memang merupakan suatu hal yang memungkinkan karena menu makanan yang dikombinasikan adalah bahan-bahan yang tinggi akan protein dan rendah di kalori.

Proses diet ini memiliki dua fase. Fase pertama adalah diet yang berlangsung selama 14 hari yang lebih difokuskan pada diet rendah kalori. Sementara fase kedua disebut sebagai ‘fase pemantapan yang berlangsung selama beberapa minggu setelah fase pertama. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran mengenai fase pertama.

Fase pertama adalah proses dimana seseorang mengkombinasikan diet rendah kalori dengan diet tinggi protein. Dalam fase ini, seseorang akan lebih mengutamakan konsumsi protein, tetapi juga mengurangi konsumsi selain protein. Hampir mirip dengan diet keto, tetapi dalam diet Thonon seseorang harus membatasi asupan kalori sebanyak 600 – 800 kalori per hari. Selain itu, terdapat satu rancangan makanan yang sangat spesifik yaitu konsumsi kopi atau teh tanpa gula sebagai pengganti sarapan pagi. Selanjutnya, untuk makan siang sendiri lebih terfokus pada konsumsi protein seperti telur rebus yang dicampur dengan sayuran yang tidak diberi garam. Sementara untuk makan malam, biasanya mengonsumsi steak atau jenis daging lainnya diperbolehkan. Kemudian, pengonsumsian alkohol sangatlah dilarang ketika sedang menjalani diet Thonon. Selama melakukan diet fase pertama sepanjang dua minggu, seseorang tidak diperbolehkan untuk melenceng dari program diet dan harus diikuti dengan ketat apabila menginginkan hasil yang didambakan.

Kemudian untuk fase kedua, fase ini dinamakan fase pemantapan karena lebih difokuskan untuk berat badan yang stabil. Sehingga berat badan yang hilang tidak akan kembali. Untuk rancangan sarapan tidak jauh berbeda dari fase pertama, tetapi kini kopi dan teh tanpa gula boleh ditambahkan yogurt atau susu secukupnya. Kemudian, sarapan juga ditambah dengan potongan kecil roti yang diolesi sedikit mentega, dan juga segelas jus buah. Sementara untuk makan siang, sayuran dengan tambahan daging atau ikan yang memiliki protein berkisar 100 – 150 gram sangatlah dianjurkan. Terakhir, menu makan malam yang direkomendasikan adalah semangkuk sup yang dipenuhi dengan sayuran, potongan kentang kecil, selembar roti, dan juga satu buah. Apabila merasa lapar ketika menunggu makan siang dan makan malam, maka camilan yang boleh dikonsumsi hanyalah yogurt.

Beberapa manfaat yang didapatkan dalam melakukan diet Thonon selain mengurangi berat badan yang banyak secara cepat, diet yang kaya akan protein ini juga dapat membakar lemak tanpa menghilangkan massa otot. Meski begitu, diet ini tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh anak-anak, wanita hamil, orang tua, atau orang yang memiliki perut sensitif. Dan karena diet ini lebih berfokus pada penurunan berat badan dalam jangka waktu yang singkat, maka diet ini tidak boleh dilakukan untuk jangka panjang dan terus menerus karena dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah akibat kurangnya nutrisi yang didapat selama diet Thonon. Pengonsumsian vitamin sehari-hari ketika melakukan diet ini sangatlah dianjurkan.

Untuk mencoba program diet Thonon, berikut menu makanan untuk 7 hari pertama melakukannya. Sementara untuk menu selanjutnya, Anda cukup mengulang menu hari pertama sampai hari ketujuh.

Hari Pertama

Sarapan:  Kopi atau teh tanpa gula

Makan siang: Dua telur rebus, dan bayam tanpa garam

Makan malam: Steak atau tiga burger kecil, selada, dan seledri

Hari Kedua

Sarapan:  Kopi atau teh tanpa gula, dan ditambah sedikit susu

Makan siang: Steak, selada, beberapa tomat, dan beberapa buah

Makan malam: Daging

Hari Ketiga

Sarapan:  Kopi atau teh tanpa gula, dan satu roti gandum utuh

Makan siang: Dua telur rebus, selada, dan beberapa tomat

Makan malam: Daging, dan salad

Hari Keempat

Sarapan: Kopi atau teh tanpa gula, dan selembar roti

Makan siang: Satu telur rebus, beberapa wortel (mentah atau matang), dan sepotong keju

Makan malam: Beberapa buah, dan satu yogurt tanpa rasa

Hari Kelima

Sarapan: Wortel yang telah diparut, dan kopi atau susu segar

Makan siang: Ikan berkaldu, dan dua tomat

Makan malam: Steak, dan salad

Hari Keenam

Sarapan: Kopi atau teh tanpa gula, dan selembar roti

Makan siang: Ayam panggang

Makan malam: Dua telur rebus dan beberapa wortel (mentah atau matang)

Hari ketujuh

Sarapan: Kopi, teh atau teh herbal dicampur lemon, tanpa gula

Makan siang: Steak dan buah apa saja

Makan malam: Apa saja sesuai dengan porsi yang telah ditentukan, tanpa alkohol

Meski menu makanan terlihat sehat karena tinggi akan protein, akan tetapi hanya mengonsumsi protein yang memiliki sedikit serat dapat menyebabkan konstipasi. Meski berat badan benar turun ketika melakukan diet Thonon, tetapi berat yang turun adalah ‘berat air’ yang nantinya akan kembali ketika memakan makanan seperti biasa kembali. Walaupun program diet ini memiliki fase pemantapan, tetapi menu yang direkomendasikan tidak jauh berbeda dari fase pertama. Karenanya, diet ini tidak hanya berbahaya tetapi juga dapat memberi efek ‘yo-yo’ pada tubuh. Sebuah kondisi dimana berat badan yang hilang selama diet akan kembali dua kali lipat ketika kebiasaan makan kembali ke semula. Untuk melakukan diet yang sehat, lebih direkomendasikan untuk tetap makan seperti biasa namun perbanyak aktivitas olahraga. Meskipun berat tidak akan turun secara drastis dalam jangka waktu yang pendek, akan tetapi Anda akan memiliki tubuh dan gaya hidup yang sehat untuk jangka waktu yang panjang.

Top