Hindari Makanan Ini Jika Sedang Diet!

Jika Anda sedang berusaha melakukan program diet, tentunya Anda mulai mengatur gaya hidup dan pola makan. 

Berikut beberapa daftar makanan yang lebih baik dihindari pada saat Anda melakukan diet atau menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi jenis makanan berikut rencana diet akan terancam gagal karena dapat kembali menaikkan berat Anda. Dari sisi kesehatan, makanan berikut juga kurang baik jika dikonsumsi secara berkelanjutan. Mau tahu apa saja jenis makanan tersebut?


1. Kentang goreng

Pada dasarnya kentang dan kulitnya memiliki manfaat bagi kesehatan. Kentang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat bagi pelaku diet. Akan tetapi, kentang goreng (french fries) dan keripik kentang (potato chips) harus dihindari untuk Anda yang sedang melakukan diet. Karena kandungan kalori dan lemak jenuh yang ada di dalamnya bisa membuat berat badan Anda mengalami kenaikan secara cepat. Konsumsi kentang goreng dan keripik kentang secara berlebihan akan mengacaukan rencana diet Anda.

Anda bisa mengganti kentang olahan ini ke kentang yang diolah dengan cara direbus. Sebab lebih sehat dan rendah lemak. Selain itu Anda juga akan merasakan efek lebih cepat kenyang.  


2. Roti tawar putih

Roti tawar putih berbahan dasar tepung terigu, biasanya mengandung banyak gula tambahan pada prose pembuatannya. Kombinasi antara tepung terigu dan gula yang tinggi jumlah glikemiknya bisa dengan cepat menaikkan tingkat gula darah Anda sehingga Anda akan merasakan efek cepat lapar kembali setelah makan. 


3. Minuman bersoda dan minuman tinggi kandungan gula

Minuman instan dalam kemasan yang mengandung pemanis seperti soda, teh, kopi, dan minuman perasa buah sangat tinggi akan kandungan gulanya. Tingginya kadar gula pada minuman instan tersebut menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh Anda seperti diabetes dan gangguan pada ginjal. Selain itu minuman kemasan ini tentunya memiliki kalori dalam jumlah besar. Hal ini pastinya membuat proses diet Anda terganggu.

Dibanding mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik Anda menggantinya dengan air putih karena lebih sehat. Meskipun tidak memiliki rasa, namun air putih lebih bermanfaat untuk kesehatan.

4. Cokelat 

Cokelat batangan adalah jenis makanan yang tinggi gula dan kalori. Meskipun lezat, kalori yang tinggi pada cokelat tidak sebanding dengan jumlah gizi yang terkandung di dalamnya.

Cokelat juga merupakan jenis makanan yang tidak mengenyangkan. Jika dikonsumsi secara terus menerus, otak Anda akan terus mengirimkan sinyal lapar dan memerintahkan Anda untuk terus makan sampai terasa kenyang.

Sebaiknya Anda mengganti camilan dengan buah-buahan atau kacang-kacangan yang dipanggang agar terasa lebih kenyang dan sehat.


5. Kue 

Banyak jeni kue yang dijual di toko seperti cookies, pastry atau jenis kue basah. Kue-kue yang dijual pada umumnya berbahan dasar tepung terigu dan gula. Jumlah kalorinya juga sangat tinggi untuk ukuran camilan. Sama seperti cokelat, mengonsumsi kue juga sebaiknya dikurangi, karena memberikan efek yang tidak mengenyangkan. 


6. Jus buah dalam kemasan

Apakah Anda merasa heran? Padahal jus bermanfaat bagi tubuh dan pelaku diet. Namun yang harus diketahui, jus kemasan yang dijual di supermarket hanya 50% porsinya. Sisanya terdiri dari air, gula dan bahan buatan seperti perasa, pengental dan pengawet.

Sebaiknya makan buah yang Anda sukai secara langsung. Atau Anda juga bisa membuat jus buah dari buahnya langsung, selain lebih sehat, lebih bersih, buahnya pun bisa langsung Anda pilih.


7. Alkohol

Beberapa jenis alkohol terutama bir mengandung kalori yang sangat tinggi, loh! Dibandingkan dengan kandungan karbohidrat atau protein yang ada di dalamnya. Minuman ini sebaiknya dihindari karena dapat merusak organ dalam tubuh dan menggagalkan diet.

8. Pizza dan Junk Food

Pizza dan junk food merupakan makanan cepat saji yang sangat populer di masyarakat. Namun kabar buruknya, orang yang sedang diet dilarang mengonsumsi pizza secara berlebihan karena kalorinya sangat tinggi. Ditambah lagi dengan daging, keju, dan saus yang memiliki kadar gula tinggi.

9. Es krim

Siapa yang tidak suka es krim? Makanan dingin dan manis ini tersedia dalam berbagai varian rasa. Tapi untuk orang yang sedang melakukan diet, makanan ini juga harus dihindari. 

Jika tetap ingin makan es krim, disarankan untuk mengolah es krim sehat sendiri. Gunakan bahan dasar seperti yogurt rendah lemak dan buah-buahan. Hindari penggunaan gula secara berlebihan, mengingat tujuan Anda adalah untuk diet.


10. Kopi tinggi kalori

Sebenarnya kopi memiliki khasiat untuk metabolisme dan pembakaran lemak dalam jangka pendek karena ada kafein di dalamnya. Namun konsumsi kopi yang berlebih akan sangat berbahaya bagi progress diet Anda. ditambah jika Anda menggunakan krimer dan gula dalam porsi yang banyak.

Kalori yang terkandung dalam kopi dengan campuran seperti itu setara dengan mengonsumsi minuman kemasan instan. Jadi untuk Anda yang sedang berdiet namun tetap ingin minum kopi, buatlah kopi hitam dengan jumlah lemak dan gula yang sedikit. 

Itulah beberapa makanan yang harus Anda hindari saat sedang berdiet. Ingatlah tujuan Anda di awal melakukan diet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang membutuhkan usaha yang keras. Semangat!

Top