Categories
Kesehatan Pemerintah

Seluk Beluk Perbedaan JKN Dengan BPJS

JKN dan juga BPJS, sebenarnya satu hal yang sama yakni berupa jaminan bagi kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia. Dimana, keduanya ini memang telah di buat khusus oleh pemerintah Indonesia untuk masyarakat agar bisa mendapatkan kesejahteraan dan juga kesehatan yang mumpuni di tiap-tiap warganya. Dan hal ini sudah terbukti, namun memiliki persyaratan tersendiri. Walau begitu, masih saja masyarakat yang belum mengenal Apa itu sebenarnya JKN dan BPJS bagi kesehatan ?..

Sebenarnya jika kalian sudah tahu akan keberadaan dari BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ini, maka tidak mungkin kalian tidak mengenal JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. Yang dimana BPJS masih menjadi satu bagian juga dengan JKN. Untuk kemunculannya, JKN ini sudah hadir sejak tanggal 31 Desember 2013 silam. Namun, bagi kalian yang hanya memiliki BPJS saja dan bingung mengenai JKN ini, maka kalian bisa melihat selengkapmnya di bawah ini mengenai keterkaitan anatara BPJS dengan JKN itu sendiri.

Mengenal Perbedaan JKN Dengan BPJS Kesehatan

Dimulai dari JKN, yang dimana ini memang menjadi salah satu program kesehatan yang di berikan oleh pemerintah yang berwujudkan langsung pada kesehatan dan untuk BPJS itu sendiri merupakan sebuah system dari penggunaan asuransinya saja. Jadinya, sejak ada JKN ini sendiri, warga Negara Indonesia ini bisa mendapatkan sebuah kesempatan yang besar untuk bisa memproteksi adanya sebuah kesehatan dengan lebih baik lagi. Dengan sekiranya kalian menyisihkan adanyan bagian kecil uang kalian maka , kalian sudah bisa menjadi peserta dan memperoleh adanya sebuah manfaatdemi menjamin kesehatan tersebut. Untuk masyarakat yang tidak mampu tidak usah merasa khawatir, kalian masih mendapatkan yang namanya PBI atau khusus dalam penerimaan bantuan iuran. Semuanya akan di terima penuh oleh pemerintah nantinya. Dan dari sinilah sudah tidak adanya alasan lagi bagi rakyat yang kurang mampu untuk memeriksa segala penyakit yang di derita ke dalam sebuah fasilitas kesehatan itu sendiri.

Sedangkan BPJS Kesehatan itu sendiri menjadi salah satu badan asuransi yang memanglah sebelumnya bernamakan langsung PT. Akses yang memang telah menyelenggarakan adanya perlindungan kesehatan bagi para pesertanya itu. Perlindungan dari kesehatan itu sendiri menjadi salah satu transformasi dari Jamsotek itu sendiri. Dan dari adanya pengertian antara JKN dengan BPJS itu sendiri ialah JKN untuk Programnya dan BPJS perannya sebagai badan penyelenggara yang memang nantinya kinerja itu akan diawasi langsung oleh DJSN atau dikenalnya dengan Dewan Jaminan Nasional.

Siapa Saja Yang Bisa Menerima JKN Dengan BPJS Ini ?

Peserta dari JKN itu sendiri adalah semua rakyat Indonesia. Dilihat dari Undang-Undang nomor 40 tahun 2004 ini memang langsung mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional atau SJSN yang dimana pesertanya itu adalah seluruh masyarakat Indonesia. Yang dimana seluruh peserta dari JKN ini memang memiliki sifat yang wajib tidak terkecuali adanya masyarakat yang memanglah tidak mampu dikarenakan ini menjadi sebuah metode dari pembiayaan kesehatan Individu yang sudah di tanggung oleh pemerintah langsung.

Apakah Iuran Yang Di Terima Itu Berbeda-Beda Atau Sama Rata ?

Semua yang di keluarkan oleh Pemerintah ini memang dilakukannya berdasarkan dari peraturan kepresidenan untuk Nomor 111 Tahun 2013 mengenai adanya jenis Iuran yang telah di bagi menjadi beberapa bagian , yakni :

  • Bagi kependudukan, dimana yang telah didaftarkan oleh pemeritah daerah yang nantinya di bayar oleh Pemerintah Daerah yang dimana di khususkan untuk orang miskin dan juga tidak mampu.
  • Bagi para pekerja penerima upah misalnya saja anggota tni, pns, Polri, Pejabat Tinggi, Pegawai Pemerintah ataupun tidak akan dibayar juga namun oleh pihak pemberi kerja yang nantinya akan di ptoong langsung dari gaji bulanan yang telah diterimanya.
  • Bagi pekerja bukan untuk penerima upah dan juga peserta bukan pekerja. Yakni untuk Investor, perusahaan, penerima pensiunan, lalu adanya veteran, janda, duda adanya anak yatim piatu sampai pada perintis kemerdekaan ini juga memang langsung di bayarkan oleh peserta yang nantinya sudah bersangkutan.

Peserta Yang Menggunakan JKN, Fasilitas Apa Yang Di Dapatkan ?

Untuk peserta ini, masknya kedalam PBI atau menerima antuan Iuran.

  • Untuk penerima upah seperti yang sudah di beritahukan diatas tadi, bahwa pekerja ini akan mendapatkan fasilitas khusus di kelas l dan juga ll.
  • Untuk para pekerja namun bukan penerima Upah, maka akan mendapatkan pelayanan khusus di kelas l, ll, dan juga lll. Ini memang sudah sesuai dengan adanya kelas perawatan yang sudah dipilih.
  • Bagi yang bukan parapekerja, semuanya yang telah di jelaskan tadi memang akan mendapatkan kelas kesehatan dalam pelayanan tingkat l, ll, dan juga lll sesuai dengan adanya premi serta kelas perawatan yang dipilih nantinya.

Nah, untuk penerima bantuan iuran dari pemerintah ini sudah terdiri langsung dari adanya sebuah golongan dari Fakir Miskin dan juga masyarakat yang tidaklah mampu maka nantinya mereka semua bisa mendapatkan adanya layanan kesehatan di kelas lll.

Manfaat Yang Di Dapat Dari Adanya Layanan JKN

Dari adanya sebuah asuransi kesehatan, memang program JKN ini bisa untuk mendapatkan adanya beberapa manfaat yang memang sudah mencakup adanya pelayanan pencegahan samapi pada pelayanan pengobatan yang termasuk juga pada pelayanan obat serta bahan media habis pakai dari adaya kebutuhan medis. Untuk peserta JKN ini sendiri akan mendapatkan sebuah pelayanan sebagai berikut :

  • Adanya sebuah penyuluhan kesehatan yang memang sudah meliputi penyuluhan mengenai adanya pengelolaan factor yang memang mengenai adanya sebuah resiko penyakit dan juga adanya perilaku hidup bersih dan juga sehat.
  • Adanya Imunisasi dasar yang memanglah langsung meliputi BCG, Difteri pertussis serta Hepatitis B, Polio dengan Campak.
  • Ada juga keluarga berencana yang mendapatkan konseling, kontrasepsi dasar, lalu vasektomi dan juga tubektomi.
  • Ada juga masalah enis penyakit berat seperti kanker, bedah jantung, sampai pada gagal ginjal juga termasuk dalam fasilitas tersebut.

Apakah Semua Akses Kesehatan Ini Akan Terjamin Dari Bebasnya Pengkorupsian ?

Hal ini sudah mendapatkan jaminan dari pemerintah. Dimana dana JKN dari pemerintah ini sangatlah besar dan juga sangat rawan untuk bisa menyelewengkan. Dan dari hal inilah, adanya sebuah pengawasan terhadap JKN yang memanglah ahrus dilakukan secara eksternah dan juga internal. Dan untuk eksternal pengawasan ini sudah langsung dilakukan oleh DJSN atau Dewan Jaminan Sosial Nasional srta adanya lembaga pengawas yang Independen. Kalau untuk yang Internalnya, JKN ini memang langsung diawasi oleh adanya sebuah dewan pengawas satuan dari pengawas Internal juga.

Dari semua data ini, kalian juga harus bisa memaksimalkan adanya sebuah jaminan kesehatan nasional yang memang dimiliki oleh semua rakyat Indonesia. Kalian harus bisa memaksimalkan pelayanan ini sebaik mungkin ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *